teknologi konstruksi adalah

Apa itu Teknologi Konstruksi, Fungsi dan Contohnya?

Posted by

Saat ini, perkembangan teknologi semakin canggih, termasuk perkembangan teknologi konstruksi. Apa itu teknologi konstruksi, bagaimana fungsi dan contohnya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Teknologi Konstruksi?

Teknologi konstruksi adalah teknologi yang digunakan untuk memudahkan sarana dan prasarana. Hasil akhirnya berbentuk bangunan rumah, hotel, maupun gedung bertingkat.

Fungsi Teknologi Konstruksi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fungsi teknologi konstruksi adalah untuk membangun sarana dan prasarana. Selain itu, pembangunan rel kereta api, jalan raya, dan jembatan penghubung juga bisa dilakukan dengan adanya teknologi konstruksi.

Bahkan, tolak ukur kemajuan suatu negara juga bisa dilihat dari perkembangan atau seberapa besar kemajuan teknologi konstruksinya. 

Lalu, apa saja fungsi utama teknologi konstruksi lainnya?

  • Memudahkan proses pembangunan ulang gedung, rumah, dan apartemen agar menjadi lebih baik.
  • Memudahkan kerja manusia dalam proses pembuatan sarana prasarana umum seperti lapangan, masjid, atau tempat ibadah lainnya.
  • Memudahkan pembangunan sarana transportasi dan komunikasi seperti infrastruktur rel kereta api, jembatan, dan jalan raya.

Manfaat Teknologi Konstruksi

fungsi dan contoh teknologi konstruksi

Jika membahas apa saja manfaatnya untuk manusia, tentu saja ada banyak sekali manfaat yang dirasakan setelah adanya teknologi konstruksi ini. Beberapa manfaat teknologi konstruksi adalah: 

  • Manusia lebih mudah untuk melakukan pembangunan
  • Mampu menghemat material pembangunan dan lebih efisien
  • Kehidupan menjadi lebih nyaman dan aman 

Sejarah Teknologi Konstruksi

Bagaimana sejarah perkembangan teknologi konstruksi sejak zaman dahulu hingga sekarang? 

Baca juga  Apa itu Hybrid Event dan Contohnya untuk Inspirasi Kamu?

Tentu saja jika membahas sejarah perkembangannya akan sangat panjang. Namun secara singkatnya, teknologi konstruksi di Indonesia sendiri mengalami perubahan yang sangat pesat.

Jika dahulu kala, rumah masih mengandalkan bambu dan kayu untuk dinding, sekarang kebanyakan rumah sudah menggunakan bata dan semen agar dindingnya lebih kokoh.

Selain itu untuk teknologi konstruksi di bidang komunikasi darat yang dahulunya menggunakan jembatan dari bahan batang pohon kini telah mengalami perkembangan pesat dari segi material, yang mana terbuat dari besi, semen, beton, dan lainnya yang kuat manahan beban hingga puluhan ton dan dilewati oleh mobil atau truk sekalipun.

Contoh Teknologi Konstruksi

Beberapa contoh teknologi konstruksi adalah sebagai berikut. 

  • Konstruksi jembatan
  • Konstruksi jalan raya
  • Konstruksi pembangunan rumah
  • Konstruksi pembangkit listrik

Jenis Teknologi Konstruksi

Sementara itu, terdapat empat jenis teknologi konstruksi. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Konstruksi Perumahan (Residential Construction)

Konstruksi Perumahan adalah semua pembangunan yang berkaitan dengan hunian, seperti perumahan, apartemen, hotel, vila, rumah singgah, dan banyak lagi. Biasanya dilakukan dengan dua cara yaitu massal dan pribadi.

Karena dalam pembangunannya membutuhkan infrastruktur seperti air, jaringan listrik, dan sarana lainnya maka sebelum memulai pembangunan, dibutuhkan perencanaan yang cukup matang.

Konstruksi Gedung (Building Construction)

Gedung-gedung baru hasil pertimbangan konstruksi menjadi proyek yang saat ini semakin banyak dikerjakan oleh developer atau pengembang bangunan, baik itu gedung untuk perkantoran, maupun gedung untuk perusahaan besar skala international.

Konstruksi Sipil (Heavy Engineering Construction)

Konstruksi sipil biasanya berhubungan dengan pemerintahan atau negara. Karena itu yang merasakan langsung manfaatnya adalah masyarakat umum, biasanya konstruksi sipil dibangun untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Beberapa contoh konstruksi sipil adalah konstruksi bendungan, pertambangan, pembangkit listrik, dan proyek pembangunan rel kereta api.

Baca juga  Apa Itu Surel, Sejarah dan Contohnya?

Konstruksi Industri (Industrial Construction)

Jenis teknologi konstruksi yang satu ini tidak bisa dilakukan sembarang orang, memerlukan perencanaan yang sangat matang terkait desain dan konstruksi bangunannya.

Biasanya untuk konstruksi industri dipegang oleh perusahaan dan industri besar seperti perusahaan farmasi, perusahaan minyak, batu bara, tambang, dan perusahaan kimia.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu teknologi konstruksi, fungsi, dan contoh-contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi: 

Construction Institute, About Construction Technology. Diakses tanggal 27 Juli 2022. 

Construct Connect, Construction Technology Reshaping Industry. Diakses tanggal 27 Juli 2022. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *