msds dan kegunaan asam nitrat adalah

MSDS dan Uraian Bahan Asam Nitrat, Lengkap!

Posted by

Apa itu Asam Nitrat?        

Asam Nitrat adalah asam kuat yang terdiri dari atom hidrogen, nitrogen dan oksigen. Asam ini mudah bereaksi dengan unsur golongan alkali. Asam Nitrat juga merupakan oksida yang kuat terhadap bahan-bahan organik. 

Asam ini sulit dibuat cairan murni karena memiliki kecenderungan terdekomposisi menjadi nitrogen oksida. Jika kamu penasaran dengan asam nitrat ini, baca selengkapnya, ya.

Rumus & Struktur Asam Nitrat

  • Rumus Kimia Asam Nitrat: HNO3
  • Rumus Empiris Asam Nitrat: HNO3         
  • Lambang Asam Nitrat : HNO3       
  • Komposisi Asam Nitrat: satu atom hidrogen (H), satu atom nitrogen (N), dan tiga atom oksigen (O)       
  • Struktur Asam Nitrat 
rumus kimia asam nitrat

(wikipedia.com)

Sifat Asam Nitrat        

  • Sifat Kimia Asam Nitrat adalah pengionisasi yang kuat, pengoksidasi yang kuat,dapat terurai pada keadaan panas. Jika dibiarkan di tempat terbuka, asam nitrat dapat teroksidasi menjadi senyawa oksida nitrogen yang terbentuk dan menjadikan warnanya berubah menjadi kekuning-kuningan. 
  • Sifat Fisika Asam Nitrat adalah berbentuk cair pada suhu 30⁰ C dan tekanan 1 atm. Kondisi murni asam nitrat yaitu berupa cairan jernih dengan densitas lebih besar dari air. 
  • Mr Asam Nitrat 63.01 g/mol
  • pH Asam Nitrat adalah 1       
  • pKa Asam Nitrat adalah -2        
  • Valensi Asam Nitrat adalah 1 atau merupakan asam monoprotik       

Sintesis Asam Nitrat        

Asam Nitrat dapat disintesis dengan proses oksidasi. Bahan baku asam nitrat adalah amonia dan oksigen pada suhu 750⁰. Persamaan reaksinya adalah sebagai berikut.

4 NH3 + 5 O2 → 4 NO + 6 H2

2 NO + O2 → 2 NO2 

Baca juga  MSDS dan Uraian Bahan Asam Fosfat, Lengkap!

3 NO2 + H2O → 2 HNO3 + NO

Penjelasan rinci dari proses ini adalah campuran amonia dan udara dimasukkan ke dalam reaktor dengan katalis platina akan menghasilkan nitrogen oksida (NO). Selanjutnya nitrogen oksida direaksikan dengan oksigen membentuk gas NO2. Gas NO2 direaksikan dengan air hingga membentuk asam nitrat.

Reaksi Asam Nitrat

  • Reaksi Oksidasi Asam Nitrat

4 NH3 + 5 O2 → 4 NO + 6 H2O 

2 NO + O2 → 2 NO2 

3 NO2 + H2O → 2 HNO3 + NO

  • Reaksi Reduksi Asam Nitrat        
reaksi reduksi asam nitrat

(sciencedirect.com)

  1. Reaksi reduksi asam nitrat pada kristal tembaga di larutan asam
  2. Reaksi reduksi asam nitrat pada kristal tembaga di larutan basa
  • Reaksi Ionisasi Asam Nitrat 

HNO3 → H⁺ + NO3⁻

Kegunaan Asam Nitrat        

Fungsi Asam Nitrat adalah untuk proses chemical cleaning. Tujuan proses tersebut adalah untuk menghilangkan senyawa besi pada pipa. Caranya adalah dengan melarutkannya dalam asam nitrat. Selain itu, asam nitrat juga dapat digunakan untuk keperluan pembuatan TNT atau trinitrotoluene. Dalam laboratorium, asam nitrat biasa digunakan untuk keperluan pengukur pH buffer dan pembersih.

Sementara itu, manfaat Asam Nitrat dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai bahan baku pembuatan pupuk. Asam nitrat juga dapat dicampurkan dengan asam klorida untuk membentuk aqua regia yang berfungsi untuk melarutkan emas dan platina.       

Bahaya Asam Nitrat

Asam nitrat merupakan asam kuat dan pengoksidasi yang kuat. Bahan ini umum digunakan untuk bahan baku pembuatan pupuk dan bahan peledak. Jika tidak sengaja terpapar, asam nitrat dapat mengikat hemoglobin, sehingga menghambat peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan orang yang terpapar mengalami sesak napas. Jika asam nitrat terpapar pada kulit, akan muncul gejala seperti kulit terbakar. Jika hal ini terjadi, segera lakukan langkah pertolongan pertama dengan tepat.         

Baca juga  MSDS, Rumus Kimia dan Kegunaan Asam Sulfat

Harga Asam Nitrat

Harga Asam Nitrat bervariasi mulai dari Rp 70.000 – Rp 500.000 per liter tergantung konsentrasinya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *