contoh hybrid event adalah

Apa itu Hybrid Event dan Contohnya untuk Inspirasi Kamu?

Posted by

Dengan adanya pandemi, semakin banyak perusahaan yang mulai mengadakan hybrid event, baik untuk keperluan internal maupun eksternal.

Apa itu Hybrid Event?

Sederhananya, hybrid event adalah sebuah acara atau event yang mengkombinasikan elemen digital/online dengan event tradisional secara tatap muka.

Fungsi utama dari hybrid event adalah menciptakan event yang mampu menyajikan pengalaman terbaik bagi audiens yang hadir secara tatap muka maupun audiens virtual.

Contoh Konsep Hybrid Event

Untuk kamu yang berencana membuat hybrid event, hal ini ternyata tidak semudah itu. Perlu dilakukan perencanaan mendalam mulai dari penentuan goals campaign, siapa audiensnya serta penyiapan tools yang bisa mendukung hybrid event tersebut. Berikut beberapa contoh konsep hybrid event yang bisa menjadi inspirasi kamu.

Perburuan Harta Karun

Contoh konsep event hybrid yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang penuh dengan rasa penasaran dan senang dengan game yang membutuhkan kecermatan serta ketelitian. Untuk audiens yang hadir langsung secara offline, bisa dilaukan perburuan harta yang disembunyikan di penjuru tempat acara.

Sementara itu, audiens virtual bisa mencari harta karun yang disembunyikan di wahana virtual yang didesain layaknya wahana offline.

Mafia Game

Mafia game adalah salah satu game populer yang muncul pada tahun 1986. Pada dasarnya, tiap peserta akan diberikan peran sebagai:

  • Mafia: yang harus diidentifikasi oleh seluruh peserta dan ditangkap agar game bisa dimenangkan.
  • Detektif: mereka yang bisa mencari tau apakah seseorang merupakan mafia atau bukan.
  • Dokter: peserta bisa menyelamatkan mereka yang dituduh sebagai mafia.
  • Penduduk: peserta biasa yang tidak memiliki kemampuan apa-apa dan hanya bisa turut serta dalam voting.
Baca juga  Apa Itu Teknologi Transportasi, Sejarah, Fungsi dan Contohnya?

Game mafia dapat dimainkan secara offline dan online antar audiens yang hadir.

Baca juga: Apa itu Hybrid Working dan Sistem Kerjanya?

Contoh Event Hybrid

Beberapa perusahaan ternama pun telah melakukan event hybrid. Beberapa contoh event hybrid adalah:

Peluncuran Produk Apple

Apple pernah melakukan peluncuran produk Apple sebagai event hybrid yang menggabungkan produksi yang luar biasa, konten interaktif, pembawa acara yang memandu event secara tertata antara audiens offline dan online.

Jumpa Penggemar NBA

Contoh event hybrid lainnya adalah yang diadakan oleh NBA yang menyajikan pertandingan NBA live namun tetap mewadahi audiens yang hadir secara online melalui layar raksasa khusus.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu hybrid event dan contoh-contoh hybrid event yang pernah dilakukan perusahaan ternama dunia. Cukup menarik, bukan?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *