mobil hybrid adalah

Apa Itu Mobil Hybrid, Harga dan Cara Kerjanya

Posted by

Mobil hybrid adalah kendaraan yang sumber tenaganya berbeda dari lainnya. Banyak orang menyebutnya sebagai kendaraan masa depan karena beberapa kelebihannya. Kendaraan ini sudah mulai beredar di pasaran dan bisa dibeli oleh siapapun.

Kendaraan merupakan salah satu hal paling penting dalam kehidupan sehari – hari. terutama jika kamu memiliki kebutuhan bepergian setiap hari. Semua jenis kendaraan bisa digunakan untuk bepergian, namun dengan mobil kenyamanan dalam bepergian tentu lebih terjamin.

Itu sebabnya banyak orang yang menginginkan kendaraan ini. Mobil hybrid di Indonesia mulai terkenal dan beberapa orang sudah berusaha membelinya. Memang harganya sangat mahal, namun tetap saja ada masyarakat yang mementingkan kenyamanan dalam berkendara.

Jika kamu pertama kalinya mendengar istilah ini, sebaiknya pahami dulu segala hal tentang kendaraan, mulai dari pengertiannya, bagaimana cara kerjanya, kelebihan dan kekurangan, serta beberapa hal penting lainnya.

Apa Itu Mobil Hybrid?

contoh mobil hybrid toyota

Mobil hybrid adalah sebuah kendaraan yang memiliki 2 sumber penggerak. Penggerak tersebut adalah bahan bakar bensin serta listrik dari baterai. 

Umumnya setiap kendaraan dengan mesin selalu menggunakan bahan bakar bensin, namun tidak dengan jenis kendaraan ini. Itu sebabnya harga mobil ini lebih mahal.

Cara Kerja Mobil Hybrid

Cara kerja mobil hybrid adalah dengan menggunakan kedua sumber penggerak sekaligus, sehingga gerak mesin menjadi lebih cepat dan penggunaan bahan bakarnya efisien. 

Cara kerja tersebut diterapkan sehingga penggunanya tidak perlu menghabiskan banyak bahan bakar bensin. Kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut dengan memahami kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga  Pengertian Teknologi Informasi, Fungsi, dan Sejarahnya

Baca juga: Peran Teknologi Informasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Juga terdapat kelebihan dan kekurangan dari kendaraan ini yang harus kamu pahami. Inilah Kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

Kelebihan mobil hybrid adalah lebih hemat bahan bakar. Selain itu kecepatan dan akselerasi mobilnya menjadi lebih meningkat. Kamu juga bisa merasakan perpindahan gigi yang sangat halus. Selain itu suaranya juga tidak berisik dan mengganggu.

Kekurangan 

Meskipun ada banyak kelebihan yang menjadi alasan bagi orang – orang untuk membelinya, namun juga tetap ada kekurangan dari jenis kendaraan ini.

Kekurangan mobil hybrid adalah biaya perawatannya yang cukup mahal, meskipun banyak yang mengatakan bahwa biaya perawatan mahal ini cukup sepadan dengan sifatnya yang ramah lingkungan. Tetapi juga besar risikonya untuk rusak saat banjir dan harganya mahal.

Komponen – Komponen dalam Mobil Hybrid

Secara umum terdapat beberapa komponen penting. Semua komponen ini saling bersinergi untuk menghasilkan perjalanan dan cara berkendara yang nyaman.

Komponen mobil hybrid adalah mesin, generator untuk penggerak seperti pada umumnya, lalu ada tambahan baterai dan motor. Baterainya ini akan berfungsi dengan baik jika motornya juga berjalan dengan baik.

Perbedaan Mobil Hybrid dan Listrik

Orang – orang juga masih banyak yang salah membedakan antara dua jenis ini. Seperti yang kamu ketahui, jenis listrik murni memiliki sumber penggerak dari listrik saja.

Sedangkan mobil hybrid adalah mobil yang sumber penggeraknya dilakukan oleh listrik dan bahan bakar bensin sekaligus. Jadi kedua jenis ini bisa dibedakan dengan mudah melalui sumber penggeraknya saja.

Berapa Harga Mobil Hybrid di Indonesia?

Salah satu kekurangannya adalah harga sangat mahal, namun hal ini sangat sepadan dengan beberapa kelebihannya. Harganya sekitar 300 juta hingga 1,3 miliar. 

Baca juga  Apa itu Hybrid dalam KBBI dan Menurut Ahli?

Mobil hybrid Toyota merupakan salah satu merk yang paling diminati saat ini. Jika kamu merasa bingung memilih merknya, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu di internet tentang merk yang paling sering diminati oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu juga terdapat merk Honda. Selain memproduksi motor dan mobil seperti pada umumnya, merk ini juga mulai memproduksi kendaraan dengan sistem hybrid.

Jika kamu ingin membelinya, sebaiknya segera siapkan budget cukup. Meskipun mahal namun mobil hybrid adalah kendaraan masa depan yang sangat menguntungkan.

*Disclaimer: Video bukan dibuat oleh tim CaraPasti. Hak intelektual dan isi video merupakan milik dari channel bersangkutan. Tim CaraPasti tidak bertanggungjawab atas isi dan keakuratan video.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *