business representative adalah

Apa Itu Business Representative?

Posted by

Business representative merupakan pekerjaan dalam hal mengembangkan bisnis dalam hal promosi. Seseorang yang mengemban tugas ini akan bekerja sama dengan divisi lain dalam memberikan solusi dari kebutuhan konsumen.

Pekerjaan ini sangat penting terutama bagi perusahaan baru, sayangnya masih tergolong asing bagi sebagian orang. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai seluk beluk pekerjaannya.

Apa itu Business Representative?

Business representative adalah seseorang yang bertugas mencari dan mengembangkan bisnis baru menggunakan teknik promosi baru untuk menarik banyak pelanggan. Selain itu, mereka juga harus tahu cara menjual produk sehingga pendapatan perusahaan meningkat.

Salah satu job penting dalam perusahaan ini sudah menjangkau hampir setiap sektor industri. Jobnya sendiri dibagi menjadi dua bidang, yaitu inside sales dan juga outside sales dengan representatif berbeda.

Representatif dalam bidang inside sales menjual produk-produk menggunakan telepon maupun media sosial lainnya milik perusahaan. Sementara itu outside sales menjual produknya melalui tatap muka langsung dengan klien.

Baca juga: Industrial Relation Staff, Pekerjaan dengan Prospek Tinggi!

Tugas, Tanggung Jawab, dan Job Discription Business Representative

Seorang business representative memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab dalam sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa wewenang dan job description business representative.

  1. Mencari serta mengembangkan peluang bisnis baru, teknik promosi, juga cara-cara dalam menjual produk sehingga meningkatkan penghasilan perusahaan
  2. Bekerja sama dengan divisi-divisi lain di perusahaan dalam memberikan solusi pada kebutuhan konsumen
  3. Menganalisis penjualan, berusaha mencapai target yang telah ditentukan, mempelajari taktik bisnis dengan membaca trend pasar
  4. Membangun hubungan yang baik dengan klien, mitra, juga divisi-divisi lainnya di perusahaan
  5. Melakukan presentasi mengenai semua aktivitas marketing pada atasan serta menganalisis data yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Baca juga  Staff Notaris Adalah: Tugas, Prospek dan Besaran Gajinya

Gaji (Salary) Business Representative

Di Indonesia, rata-rata salary business representative adalah Rp3.600.000 per bulannya. Meski demikian, ada beberapa perusahaan besar memberikan gaji lebih tinggi hingga Rp5.100.000 per bulan.

Business Representative Bisa dari Lulusan Apa?

Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi jika ingin melamar sebagai business representative. Pertama adalah memiliki riwayat pendidikan S1 segala jurusan dengan minimal IPK 3,00, juga harus mahir berbahasa Inggris atau Mandarin baik lisan atau tulisan.

Usia maksimal adalah 35 tahun dan memiliki SIM C, juga harus memiliki pengalaman dalam bidang sama selama 2 tahun. Kamu juga harus bisa bekerja secara tim maupun individu, punya kemampuan dalam membentuk sebuah tim, serta bisa mencapai target penjualan.

Syarat lainnya adalah punya kemampuan dalam membuat laporan serta bisa menggunakan Microsoft Office, minimal Word dan Excel. Selain punya jiwa kepimpinan, kamu juga harus jujur, teliti, serta bertanggung jawab pada semua tugas dari atasan.

Baca juga: Apa itu Owner Representative dan Job Descriptionnya?

Contoh CV Business Representative

Jika kamu ingin melamar sebagai business representative, maka pastikan jika sudah memenuhi semua persyaratan seperti penjelasan sebelumnya. Jika masih bingung, kamu bisa melihat contoh membuat CV untuk job ini.

contoh cv business representative

Bagaimana Jenjang Karir Business Representative?

Jenjang karir business representative group cukup menjanjikan, dimulai dari posisi paling junior yaitu Business Development Representative. Tingkat selanjutnya adalah Business Development Manager yang bertanggung jawab memimpin tim mengembangkan bisnis.

Tingkat selanjutnya merupakan posisi senior. Posisinya sendiri disebut dengan VP of Business Development atau Director of Business Development.

Dalam mengembangkan bisnis perusahaan, maka butuh tim untuk promosi dan meningkatkan keuntungan. Business representative adalah divisi yang bertugas mencapai target penjualan.

Baca juga  Warehouse Coordinator Adalah: Jobdesc dan Gajinya

Referensi:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *