channel account manager adalah

Apa itu Channel Account Manager, Tugas dan Jobdescnya?

Posted by

Banyak orang mengira posisi sales dan channel account manager adalah sama, bahkan ada juga yang menganggap tugasnya sama dengan customer service. Hal itu tidak sepenuhnya salah karena peran sales dan CS beririsan satu sama lainnya.

Sementara itu, seseorang yang memiliki posisi account manager atau AM harus memiliki kemampuan tertentu untuk dapat menyelesaikan semua pekerjaannya. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai posisi ini pada sebuah perusahaan.

Apa itu Channel Account Manager?

Channel account manager adalah posisi yang bertanggung jawab dalam mengurus hubungan antara perusahaan dan klien agar tercapai tujuan yang diinginkan. Account manager harus pandai dalam merangkai kata sekaligus membangun relasi luas serta menjaga keberlangsungan relasi tersebut agar bisa sukses.

Sebagai jembatan antara perusahaan dan klien, seseorang di posisi ini harus bisa menangani semua kebutuhan konsumen. Kamu juga harus bisa menjelaskan pelayanan maupun penawaran perusahaan, juga hal-hal apa saja yang bisa dilakukan klien.

Bukan hanya itu saja, tidak jarang AM memiliki tugas dalam merancang strategi pemasaran dan proposal media. Tugas-tugas lainnya seperti menangani komunikasi dengan klien, menyusun laporan-laporan klien, juga komunikasi agenda klien pada tim yang berhubungan.

Baca juga: Apa itu Owner Representative, Tugas Beserta Tanggung Jawabnya?

Tugas, Tanggung Jawab, dan Job Discription Channel Account Manager

Channel account manager job description sendiri cukup banyak dan sangat penting dalam sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa wewenang serta tanggung jawab jika kamu bekerja sebagai AM.

  1. Bekerja sama menentukan metode penjualan dengan tim sales maupun marketing
  2. Menyusun strategi penjualan
  3. Membuat proposal pada media untuk nantinya diberikan pada calon klien
  4. Mengatur anggaran pemasaran, pengeluaran, dan juga pendapatan
  5. Mencari calon pelanggan maupun peluang bisnis yang potensial.
Baca juga  Staff Accounting: Gaji, Jobdesc Hingga Jenjang Karir

Posisi AM harus bisa melayani klien dengan baik dan melakukan komunikasi baik menggunakan email maupun telepon. Selain itu, juga harus bisa memberikan solusi sesuai kebutuhan pelanggan.

Gaji (Salary) Channel Account Manager

Channel account manager gaji rata-ratanya antara Rp9.500.000 sampai Rp30.000.000 per bulannya. Meski begitu, tentu saja besarnya gaji ditentukan oleh tingkat pengalaman dan perusahaan tempatmu bekerja.

Kamu bisa mendapatkan gaji yang jauh lebih besar jika berhasil masuk dalam perusahaan multinasional. Seorang AM di perusahaan multinasional bisa mendapatkan hingga Rp50.000.000 sampai Rp100.000.000 per bulannya.

Baca juga: Apa itu Business Representative? Pekerjaan yang Sedang Dicari-cari!

Channel Account Manager Bisa dari Lulusan Apa?

Gaji channel account manager yang cukup besar membuat posisi ini banyak diminati. Tidak ada spesifikasi lulusan tertentu untuk melamar sebagai AM, namun kamu harus memiliki beberapa skill.

Beberapa skill adalah kemampuan komunikasi baik, analisis detail dan tepat, serta menganalisis potensi klien agar memberi dampak positif pada perusahaan. Selain itu, kamu juga harus bisa mengikuti tren pasar dan punya manajemen waktu yang baik.

Contoh CV Channel Account Manager

Untuk menjadi AM, kamu perlu membuat CV terlebih dahulu sebagai syarat dalam melamar di perusahaan. Agar tidak bingung, kamu bisa melihat contoh CV channel account manager berikut.

contoh cv channel account manager

Karir ini mungkin bisa jadi alternatif kamu, Apa itu Staff Data Entry?

Bagaimana Jenjang Karir Channel Account Manager?

Jenjang karir channel account manager dalam perusahaan memiliki 4 tingkatan. Tingkatan tersebut adalah account manager > key account manager > regional sales manager > director of sales/vice president of sales.

AM merupakan posisi penting dalam sebuah perusahaan yang menjadi jembatan dengan klien. Bisa dikatakan, channel account manager adalah perpaduan antara sales dengan costumer service.

Baca juga  Staff Sample Adalah: Tugas dan Besaran Gajinya yang Fantastis

Referensi:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *