document control staff adala

Apa itu Document Control Staff, Gaji dan Jenjang Karirnya?

Posted by

Document Control Staff adalah salah satu posisi yang sangat krusial di dalam sebuah perusahaan. Peranan dari posisi satu ini adalah memastikan arus pengelolaan dokumen perusahaan berjalan dengan lancar dan sesuai ekspektasi perusahaan.

Posisi satu ini merupakan salah satu fungsi administratif dengan porsi pekerjaan yang besar. Tanggung jawabnya meliputi semua jenis dokumen yang dimiliki perusahaan tanpa terkecuali. Tentunya dibutuhkan sosok dengan daya analisis yang kuat untuk mengisi posisi tersebut.

Apa Itu Document Control Staff?

Pengertian document control staff penting untuk kamu ketahui, jika kamu berminat untuk mengisi posisi satu ini, tentu penting sekali untuk memahami pengertiannya terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu memiliki gambaran khusus terkait cara kerja dari dokumen kontrol di dalam sebuah perusahaan.

Dikutip dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, document controller adalah tim atau pegawai yang ditunjuk oleh perusahaan untuk menangani pengesahan, penerbitan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian hingga pemusnahan dokumen perusahaan.

Baca juga: Cocok Buat Kamu, Ini Tugas dan Gaji Helper Produksi!

Tugas, Tanggung Jawab, dan Job Description Document Control Staff

Bicara tugas dan tanggung jawab dari posisi satu ini, tentu saja ada banyak poin-poin yang harus dibahas. Namun di sini kami telah merangkumnya menjadi 7 poin utama yang mudah untuk dipahami. Simak detailnya di bawah ini :

  1. Membantu perwakilan manajemen untuk menjalankan prosedur pengendalian informasi yang terdokumentasi dengan baik.
  2. Memasukkan daftar dokumen ke dalam buku besar dan memastikan informasinya senantiasa terupdate.
  3. Memastikan pengesahan dokumen sebelum dilakukan pendistribusian sesuai kebutuhan.
  4. Melakukan perubahan dokumen perusahaan jika diperlukan.
  5. Memastikan distribusi dokumen ke berbagai departemen terlaksana dengan baik.
  6. Memastikan keamanan dokumen dari kerusakan
  7. Menyusun dokumen dengan baik agar mudah dicari.
  8. Memusnahkan dokumen yang sudah kadaluarsa dan tidak terpakai lagi.
Baca juga  Apa itu Electrical Engineering, Tugas dan Gajinya?

Dengan beberapa poin tanggung jawab yang sudah kami jelaskan di atas, kita bisa tahu kalau wewenang dari seorang dokumen kontrol ini benar-benar luar biasa. Tentu saja dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Baca juga: Apa itu Business Representative, Gaji dan Tugasnya?

Gaji (Salary) Document Control Staff

Karena memiliki fungsi yang sangat krusial, sudah tentu perusahaan akan memberi benefit besar terhadap document control staff ini. Dikutip dari berbagai sumber, gaji document controller adalah berada di kisaran 6 hingga 9 juta Rupiah per bulannya. Angka ini belum termasuk bonus dan tunjangan.

Document Control Staff Bisa dari Lulusan Apa?

Untuk mengisi posisi document controller adalah biasanya kandidat harus memiliki background pendidikan dari Administrasi Bisnis ataupun Manajemen. Namun lulusan lain dengan pengalaman di bidang yang sama masih tetap bisa dipertimbangkan.

Baca juga: Jenjang Karir Menarik, Apa itu Software Trainer?

Contoh CV Document Control Staff

Ketika kamu hendak melamar kerja pada posisi satu ini, pastikan untuk menonjolkan kemampuan administratif dan pengelolaan dokumen pada CV yang dilampirkan. Ini akan menjadi nilai lebih bagi diri kamu di mata perusahaan. Berikut merupakan contoh CV Document Control Staff yang bisa kamu jadikan acuan.

contoh cv document control staff

Baca juga: Tertantang untuk Switch Karir? Simak Pekerjaan dengan Prospek Tinggi Legal Counsel!

Bagaimana Jenjang Karir Document Control Staff?

Jenjang karir document control terbilang sangat cerah. Persaingan pada posisi satu ini terbilang tidak terlalu ketat karena hanya orang tertentu saja yang bisa mengisinya. Mereka yang mengisi posisi document control staff adalah kandidat terbaik dengan daya analisis tinggi. 

Referensi:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *