laboratory analyst adalah

Apa itu Laboratory Analyst dan Berapa Gajinya?

Posted by

Laboratory Analyst adalah sebuah posisi yang bisa kita temukan pada perusahaan kimia, farmasi, tekstil dan lain sebagainya. Jabatan satu ini memiliki peran yang sangat penting karena menjadi petugas awal di dalam sebuah proses pengerjaan produksi perusahaan. 

Untuk mengisi posisi tersebut dibutuhkan sosok-sosok yang kompeten di dalam laboratorium. Karena itu persaingan untuk mengisi posisi satu ini terbilang sangat ketat. Dengan jumlah karyawan laboratorium yang sangat minimal, seringkali jumlah pelamarnya yang melampaui kuota yang tersedia. 

Apa Itu Laboratory Analyst?

Laboratory Analyst adalah pegawai yang bertugas untuk melakukan pengujian, validasi dan pengembangan metodologi terhadap sampel yang diberikan oleh perusahaan. Hasil riset dari lab ini kemudian akan menjadi acuan bagi departemen lain untuk diterapkan dalam proses produksi.

Karena fungsinya yang sangat penting ini, seorang analis di lab tidak boleh orang sembarangan. Mereka yang mengisi posisi tersebut harus memiliki kompetensi yang benar-benar matang dan memahami penerapan SOP perusahaan dengan sangat baik.

Baca juga: Mengenal Pekerjaan Procurement Engineer, Gaji dan Jenjang Karirnya

Tugas, Tanggung Jawab dan Job Description Laboratory Analyst

Karena peran dan fungsinya yang sangat krusial tugas dan tanggung jawab dari analis lab ini terbilang sangat kompleks. Berikut merupakan salah satu job description laboratory analyst di suatu perusahaan.

  1. Melakukan analisa terhadap sampel produksi sesuai dengan SOP di laboratorium
  2. Melakukan dokumentasi, pencatatan dan penyimpanan data pengujian laboratorium secara lengkap dan berkala sesuai kebutuhan perusahaan.
  3. Memastikan laporan hasil uji coba di lab dibuat dan diberikan kepada manajemen
  4. Memastikan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh lab senantiasa tersedia 
  5. Menjaga kebersihan dan fungsi dari perangkat lab
  6. Melakukan perawatan terhadap perangkat dan ruangan laboratorium secara rutin. 
Baca juga  Store Leader Adalah: Tugas, Tanggung Jawab dan Gajinya

Dengan memahami 6 tugas dan tanggung jawab utama yang dimiliki oleh para pekerja laboratorium, kini kamu juga bisa memahami apa saja wewenang yang boleh dilakukan oleh para pekerja tersebut.

Gaji (Salary) Laboratory Analyst

Karena Laboratory Analyst merupakanposisi yang sangat penting bagi perusahaan, tidak heran kalau mereka dibayar dengan gaji yang cukup tinggi. Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, gaji laboratory analyst adalah berkisar di antara 6 hingga 8 juta Rupiah per bulannya. 

Baca juga: Kayaknya Cocok Buat Kamu Nih, Bagaimana Jenjang Karir dan Gaji Calibration Technician?

Laboratory Analyst Bisa dari Lulusan Apa?

Untuk mengisi posisi 1 ini perusahaan biasanya membutuhkan kandidat S1 Kimia Murni atau Kimia Terapan. Sangat sulit untuk mengisi posisi ini jika kamu tidak memiliki background pendidikan yang yang sudah kami sebutkan diatas. 

Contoh CV Laboratory Analyst

Jika tertarik untuk mengisi jabatan analis laboratorium pastikan untuk menonjolkan keunggulan kamu di dalam analisis dan penggunaan alat-alat laboratorium. Jelaskan juga kalau kamu merupakan sosok yang sangat menyukai detail dan terbiasa bekerja secara fokus dalam waktu yang lama. Ini akan membuka peluang diterima lebih besar lagi. 

contoh cv laboratory analyst

Bagaimana Jenjang Karir Laboratory Analyst?

Jenjang karir dari analis satu ini terbilang cukup baik. Namun karena jumlah karyawannya sangat sedikit, persaingan yang ada di departemen tersebut terbilang sangat ketat. Tapi secara hirarki, laboratory analyst adalah sosok yang akan mengisi jabatan manajer lab di masa depan. 

Referensi:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *