gaji data specialist

Apa itu Data Specialist dan Besar Gajinya?

Posted by

Data specialist adalah salah satu profesi incaran banyak orang saat ini, terutama jika berminat pada bidang digital. Profesi ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan biasa atau rintisan. 

Data center specialist adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan, sehingga kamu bisa mencoba menjajaki profesi ini. Namun sebelum memutuskan untuk terjun atau tidaknya, ketahuilah seluk beluk profesi data specialist terlebih dahulu.

Apa itu Data Specialist?

Data specialist adalah seseorang yang menempati jabatan di perusahaan untuk mengerjakan analisis beserta melakukan riset terhadap data dengan menggunakan tools yang berkaitan dengan keperluan analisa.

Pentingnya peran big data specialist adalah karena selera, perilaku, dan tren yang berkaitan dengan target pasar dapat diketahui dengan teknik yang mereka gunakan. Alat-alat yang mereka gunakan akan menghasilkan data yang lebih akurat daripada dengan cara manual.

Karena efisiensi dari kinerja seorang data specialist, maka wajar perusahaan banyak membutuhkannya.

Baca juga: Apa itu Channel Account Manager dan Besaran Gajinya?

Tugas, Tanggung Jawab, dan Job Description Data Specialist

Tugas, tanggung jawab, wewenang seorang data specialist antara lain:

  1. Melakukan ekstrak terhadap data primer dan sekunder ke dalam berbagai tools yang dibutuhkan.
  2. Memelihara dan mengembangkan database.
  3. Menganalisa data yang ada sesuai dengan tren, sehingga bisa memberikan pengaruh positif terhadap proyek.
  4. Melaporkan hasil analisis terhadap data yang mereka lakukan.
  5. Mengumpulkan data-data berkualitas di dalam tim.

Gaji (Salary) Data Specialist

Karena berkaitan dengan dunia IT, maka kamu tentu sudah mengetahui bahwa potensi penghasilannya akan sangat besar. Lihat saja banyak pencari kerja yang ingin masuk ke dalam dunia ini.

Baca juga  Implementation Specialist: Jobdesc, Gaji hingga Jenjang Karirnya

Rata-rata penghasilan sebagai seorang data specialist di tahun pertamanya adalah Rp5.355.000 di wilayah Jabodetabek. Setelah tiga tahun bekerja, penghasilannya bisa mencapai lebih dari Rp10.000.000. 

Baca juga: Mengenal Business Representative dan Besaran Gajinya

Data Specialist Bisa dari Lulusan Apa?

Karena keahlian big data specialist adalah berkaitan dengan angka, maka latar belakang pendidikan resmi yang bisa masuk ke dalam bidang ini adalah berasal dari dunia IT dan bisnis. 

Contoh jurusannya antara lain bisnis informatika, teknik komputer, ekonomi, teknik informatika, serta matematika dan statistika. Akan tetapi jika tidak memiliki latar pendidikan tersebut, kamu masih bisa bekerja di bidang ini jika mengikuti kursus bersertifikasi serta belajar otodidak. 

Contoh CV Data Specialist

Untuk bisa bekerja pada bidang ini, kamu harus membuat CV yang menonjol daripada pesaing yang ikut melamar pada posisi serupa. Beberapa hal yang harus kamu masukkan ke dalam CV tersebut adalah:

  1. Summary: tuliskan perkenalan singkat yang merangkum latar belakang, kemampuan, serta minat kamu menjadi data specialist. 
  2. Pengalaman: kerja, organisasi, magang, serta komunitas yang cocok dengan jabatan.
  3. Pendidikan: sertakan pencapaian.
  4. Skill yang berkaitan.
  5. Kontak.
  6. Sertifikasi jika ada.
contoh cv data specialist

Bagaimana Jenjang Karir Data Specialist?

Untuk jenjang karir seorang data specialist yaitu dimulai dari entry level yang sering disebut junior data analyst/specialist. Setelah itu naik menjadi mid level atau senior, setelah itu naik ke level konsultan. Jika kamu suka dengan data maka data specialist adalah salah satu opsi karirmu. 

Referensi:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *