legal counsel adalah

Apa itu Legal Counsel dan Besaran Gajinya?

Posted by

Legal counsel adalah posisi yang penting bagi semua perusahaan, di antaranya berperan untuk mempertimbangkan kualitas hukum dan berbagai aspek penting yang berada didalam mekanisme berjalannya perusahaan. 

Bahkan jika perusahaan memang tidak menggunakan posisi tersebut maka kemungkinan besar akan ada celah hukum yang berbahaya. Posisi ini juga wajib diketahui sebab memiliki prospek penting dalam penggunaannya.

Legal counsel adalah posisi di suatu perusahaan yang memiliki tanggung jawab dan berperan penuh sebagai penasehat hukum suatu perusahaan. Proses pertanggung jawaban tersebut tentunya dengan cara mengaplikasikan pengalaman yang berhubungan dengan aspek legalitas serta hukum.

Seorang yang berprofesi sebagai posisi ini juga wajib memiliki pengetahuan terkait dengan legal secara garis besar untuk diterapkan di lingkungan perusahaan jangka panjang. Akan tetapi ada sedikit perbedaan antara legal counsel VS Lawyer, yaitu dari segi sistem kerjanya, di mana legal counsel biasanya bekerja di sebuah perusahaan dalam memberikan nasehat berkaitan hukum, sementara lawyer biasanya bekerja secara independen sebagai advokat atau bahkan memiliki firma hukum mereka sendiri.

Cocok untuk kamu, Apa itu Business Representative dan Prospek Karirnya?

Tugas, tanggung jawab dan job description legal counsel di antaranya adalah menyusun seluruh kontrak atau perjanjian kerja dengan beberapa aspek yang berhubungan dengan vendor, pembeli, dan semua mitra perusahaan. 

Selanjutnya, legal counsel juga memiliki wewenang memberikan saran terkait dengan legalitas hukum, perizinan dan kebijakan yang terkait dengan langkah perusahaan yang harus diambil.

Baca juga  Tugas dan Gaji Industrial Relation Staff, Ternyata Fantastis!

Besaran jumlah gaji pada posisi legal counsel tertentu menjual bermacam-macam menyesuaikan dengan perusahaan yang berada di dalam naungannya. Akan tetapi jika dilihat dari profesional seorang legal counsel tersebut ada beberapa jenis spesifikasi yang bisa mempengaruhi adanya besaran yang bisa diterima setiap bulan atau bahkan setiap tahun.

Jika melihat dari beberapa informasi paling kecil, gaji legal counsel junior dimulai dari 2,5 juta sampai 4 juta setiap bulan. Namun jangan salah, untuk legal counsel profesional, kualitas gaji yang bisa diterima adalah 6 hingga 10 juta setiap bulannya.

Namun, gaji dari seorang kuasa hukum juga sangat tergantung pada perusahaan tempatnya bekerja. Misalnya gaji legal counsel Pertamina yang bisa bisa mencapai belasan juta per bulan, dilansir dari Indeed.

Aspek yang harus dilengkapi jika ada beberapa pihak yang hendak melamar pada posisi legal consul tersebut adalah minimal merupakan sarjana strata 1 atau bahkan sarjana lebih lanjut khususnya di beberapa jurusan ilmu hukum.

Dan secara tidak langsung perusahaan juga seringkali melakukan hire terhadap karyawan untuk menjadi posisi tersebut melalui spesifikasi pengalaman minimal 3 tahun dalam dunia legal konsul tersebut.

CV legal counsel yang “menjual” tentunya merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk kamu yang ingin melamar ke posisi tersebut.

Akan tetapi jika dilihat dari skala umum yang bisa dilakukan oleh pelamar dalam posisi tersebut umumnya sama dengan CV lainnya. Akan tetapi tentunya perlu ada penambahan beberapa poin penting yang bersifat lebih detail yang khususnya pada kemampuan berkecimpung dalam dunia hukum.

Berikut merupakan contoh CV legal counsel.

Baca juga  Staff Accounting: Gaji, Jobdesc Hingga Jenjang Karir
contoh cv legal counsel

Legal counsel adalah posisi yang juga memiliki prospek jenjang karir menarik dalam suatu perusahaan, mulai dari level junior hingga menjadi patner perusahaan. Ada pula jenjang karir horizontal yang bisa kamu tempuh, yaitu general counsel, senior counselor, consultant, legal compliance officer, dan banyak lagi.

Referensi:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *