implementation specialist adalah

Implementation Specialist: Jobdesc, Gaji hingga Jenjang Karirnya

Posted by

Implementation Specialist adalah satu posisi yang cukup strategi dan penting dalam perusahaan untuk bisa berkembang secara menyeluruh untuk kebutuhan pengembangan software. Satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian adalah kualitas posisi profesi ini secara akumulasi memang menentukan hubungan baik perusahaan dengan semua klien.

Satu aspek yang perlu mendapatkan perhatian terlebih dahulu adalah bahwa kapasitas pola pengembangan yang dilakukan secara penuh dari posisi ini adalah bagaimana klien merasa nyaman dan merasa aman dalam semua akses layanan software. Sehingga implementasi jangka panjang bisa diterima semua klien.

Apa Itu Implementation Specialist?

Implementation Specialist adalah posisi yang bertanggung jawab untuk memberikan penjelasan serta pemahaman jangka panjang kepada semua klien terkait adanya layanan serta implementasi semua aspek yang berhubungan dengan konsistensi penggunaan software.

Posisi ini dibutuhkan oleh semua perusahaan sebab memang butuh pihak yang memiliki kemampuan khusus dalam menjelaskan semua produk yang telah dibuat dalam perusahaan tersebut. Dengan kemungkinan tersebut maka secara keseluruhan akan ada timbal balik yang juga sangat bagus dari pihak klien.

Baca juga: Apa itu Site Engineer, Tugas hingga Jobdescnya?

Tugas, Tanggung Jawab, dan Job Description Implementation Specialist

Tugas dan implementation specialist job description adalah untuk membantu semua calon dan klien agar mampu memahami perangkat lunak perusahaan yang telah ditransaksikan. Aspek tersebut bisa dimulai dengan cara koordinasi antara karyawan perusahaan kepada klien.

Selanjutnya, wewenang Implementation Specialist juga bertindak sebagai konsultan bagi klien, khususnya dalam memastikan bahwa klien memilih layanan, produk, atau perangkat lunak dengan baik. Lalu juga mendelegasikan tugas agar mampu untuk menjaga produktivitas tempat kerja.

Baca juga  Apa itu Staff Data Entry, Tugas dan Besaran Gajinya?

Posisi ini juga diharapkan mampu untuk membantu klien mengatur jadwal pengiriman yang tepat waktu. Bahkan jika diperlukan posisi Spesialis implementasi ini bisa bepergian ke lokasi klien agar melakukan dan melalukan penjelasan secara lebih lengkap terkait panduan penggunaan.

Gaji (Salary) Implementation Specialist

Sementara itu, gaji Implementation Specialist adalah Rp5 juta hingga 9 juta selama sebulan, apabila dilihat dari gaji karyawan Indonesia pada umumnya.

Baca juga: Apa itu Customer User Support? Simak Selengkapnya Berikut Ini!

Implementation Specialist Bisa dari Lulusan Apa?

Secara umum untuk bisa melamar kerja pada posisi Spesialis implementasi tersebut minimal adalah lulusan sarjana atau sarjana tingkat lanjut. Serta tentunya juga wajib memiliki spesialisasi hubungan jurusan yang bisa dipertanggung jawabkan, sehingga jurusan yang sesuai adalah IT dan jurusan teknologi terapan.

Contoh CV Implementation Specialist

Contoh CV jika hendak melamar pada posisi Spesialis implementasi tersebut tentunya merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam proses penggunaan jangka panjang layanan jasa pemahaman IT. 

Akan tetapi jika dilihat dari skala umum yang bisa dilakukan oleh pelamar dalam posisi tersebut adalah menambahkan pengalaman bekerja atau magang dalam bidang yang sama.

Berikut merupakan salah satu contoh CV Implementation Specialist yang bisa kamu jadikan referensi.  

contoh cv implementation specialist

Bagaimana Jenjang Karir Implementation Specialist?

Aspek terakhir yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah jenjang karir yang bisa didapatkan dari posisi ini. Melihat perkembangan dan layanannya secara umum jenjang karir dari Implementation Specialist adalah mulai dari masa jabatan junior hingga senior, lalu berada ditingkat managerial.

Referensi:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *