staff notaris adalah

Staff Notaris Adalah: Tugas, Prospek dan Besaran Gajinya

Posted by

Staff notaris adalah pekerjaan yang diminati oleh para lulusan sarjana hukum. Seorang notaris membutuhkan karyawan untuk pembuatan akta yang bersifat rahasia. Peran staf notaris adalah memudahkan proses pembuatan akta terutama dalam aspek administratif.

Sudah menjadi kewajiban ahli kenotariatan untuk merahasiakan informasi mengenai pembuatan akta. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris. Seorang staf administrasi sekalipun harus mematuhi ketentuan tersebut.  

Apa Itu Staff Notaris?

Staff notaris adalah seorang yang membantu terkait administratif dalam pembuatan akta. Berbeda dengan ahli kenotarian, staff notaris dapat diisi oleh mereka yang lulusan SMA/SMK.

Sementara itu, profesi notaris dipegang oleh seseorang yang telah berhasil menyelesaikan studi di bidang hukum berlisensi. Ahli kenotariatan dapat melakukan hal-hal dalam jalur hukum. 

Ahli kenotariatan merupakan salah satu cabang profesi dalam bidang hukum. Karyawan ini memiliki status netral, yaitu tidak menempatkan diri dalam lembaga eksekutif, legislatif, atau yudikatif. Selain itu, ia juga tidak berhak membela kliennya.

Baca juga: Alternatif Kerjaan Sarjana Hukum, Apa itu Legal Counsel.?

Tugas, Tanggung Jawab, dan Job Description Staff Notaris

Seperti pada umumnya, tugas staff administrasi ahli kenotariatan di kantor yaitu membuat akta, merapikan berkas, berkomunikasi dengan klien. Lengkapnya, berikut beberapa jobdes staff notaris.

  1. Membuat pembukuan akta atau repertorium.
  2. Membundel minuta akta menjadi satu bundel untuk satu bulan. Bila akta melebihi 50 buah maka dijilid lebih dari satu bundel.
  3. Membuat daftar surat di bawah tangan yang disahkan (waarmerking), dibukukan (legalisasi). Dan daftar surat lain sesuai Undang-Undang.
  4. Menjadi saksi ketika sedang mengesahkan akta.
  5. Mempersiapkan pembuatan akta.
  6. Membuat daftar klapper untuk penghadap.
  7. Membuat daftar klapper untuk legalisasi.
  8. Membuat daftar klapper untuk waarmerking.
  9. Melakukan pengarsipan dokumen.
Baca juga  Akuntan Publik: Gaji dan Perbedaannya dengan Akuntan Privat

Dalam hal ini, kewenangan notaris sendiri sudah diatur pada Pasal 15 UU No 2 tahun 2014 untuk membuat akta autentik mengenai seluruh perilaku, perjanjian, dan penetapan yang harus mengacu pada peraturan perundang-undangan. 

Gaji (Salary) Staff Notaris

Berbagai sumber menyebutkan gaji staf administrasi notaris umumnya menyesuaikan Upah Minimum Regional (UMR). Dapat dikatakan besaran gajinya mencapai Rp 3 juta sampai Rp 5 juta, dimana wilayah kerja dapat memengaruhi angka. 

Staff Notaris Bisa dari Lulusan Apa?

Bekerja dalam lingkup kenotariatan berarti membutuhkan kredibilitas tinggi di bidang pengarsipan dokumen. Pendidikan staff notaris minimal SMA Sederajat, rata-rata yang dibutuhkan usia maksimal 27 tahun serta memiliki kendaraan pribadi. 

Contoh CV Staff Notaris

Dalam hierarki kantor ahli kenotariatan sendiri terdapat beberapa pegawai, mulai dari resepsionis, admin, asisten hukum, hingga cleaning service. Jadi untuk mengisi lowongannya bisa mengikuti bagian ini kemudian memberikannya ke kantor notaris staff administrasi:.

Berikut beberapa hal yang harus dicantumkan dalam CV staff notaris.

  1. Menuliskan tempat dan tanggal surat lamaran
  2. Melampirkan jumlah lampiran yang ditentukan
  3. Menulis alamat kantor yang dilamar
  4. Salam pembuka surat lamaran
  5. Membuat alinea pembuka surat lamaran
  6. Membuat isi surat lamaran
  7. Menyertakan identitas diri
  8. Menuliskan lampiran yang disertakan sesuai ketentuan
  9. Menulis penutup surat lamaran
  10. Memberikan tanda tangan dan nama terang pada surat lamaran

Bagaimana Jenjang Karir Staff Notaris?

Kualifikasi staff ahli kenotariatan yaitu menjunjung tinggi sifat teliti dan jujur, memahami pengarsipan dokumen yang rapi, dan mampu bekerja dalam tim. Jenjang karir dapat diraih jika kamu meneruskan pendidikan bidang hukum.

Seorang ahli kenotariatan setidaknya memiliki dua karyawan. Di samping merekrut karyawan tetap, bisa juga memasukkan karyawan magang berbasis pendidikan hukum. Dalam hal tersebut, diharapkannya pemagang memahami tata kearsipan dokumen.

Baca juga  Apa Itu Business Representative?

Perlu digarisbawahi, menjadi seorang karyawan ahli kenotariatan berarti mampu merahasiakan dokumen milik klien. Dengan begitu, bisa dikatakan staff notaris adalah orang berdedikasi tinggi meski hanya membantu notaris.

Secara umum, jenjang karir staff notaris adalah staf administrasi notaris > notaris, jika kamu mengambil pendidikan psesialis notaris atau jenjang karir horizontal seperti staf administrasi umum atau staff data entry.

Referensi:

  • Wiktionary. Notaris. Diakses tanggal 19 November 2022.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *